Halaman

Minggu, 21 Maret 2021

SOAL UM/ US - ma/sma TAHUN PELAJARAN 2020-2021

 


SOAL UM/ US - ma/sma

TAHUN PELAJARAN 2020-2021

 

BAB: PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

1.        Pertumbuhan membesar pada batang tumbuhan dikotil dikenal dengan istilah …

A. promeristem

B. meristem sekunder

C. meristem primer

D. meristem tersier

E. diferensiasi dan spesialisasi

Jawab : B

Pembahasan :

Pertumbuhan pada batang tumbuhan dipengaruhi oleh 3 jenis meristem, yaitu meristem apikal yang terletak di ujung batang (menyebabkan pertumbuhan memanjang atau primer), meristem lateral yang terletak sejajar dengan organ (menyebabkan pertumbuhan membesar atau sekunder), dan meristem interkalar yang terletak di ruas-ruas batang tanaman (menyebabkan pertumbuhan memanjang).

 

2.        Proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna (kompleks). adalah:

A.  Pertumbuhan

B.Pembelahan

C.Perkembangan 

D.  Penyerapan

E. Pendewasaan

Jawabab : C

 

Indikator : Peserta didik mampu menginterpretasikan percobaan faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

3.        Pada sebuah percobaan perkecambahan, biji kacang merah ditanam dalam pot yang berbeda yaitu pot A dan B. Pot A ditanam biji kacang merah dengan pemberian air 20 ml perhari, sedangkan pot B ditanam biji kacang merah dengan pemberian air 35 ml perhari. Setelah didiamkan selama 6 hari kondisi pot A mulai tumbuh kecambah dan pot B tidak tumbuh kecambah. Berdasarkan percobaan di atas dapat disimpulkan bahwa....

A.       pemberian air tidak mempengaruhi proses perkecambahan

B.       kadar air yang terlalu banyak pada pot B membuat biji mengalami pembusukan

C.       air yang terlalu banyak tidak akan mempengaruhi proses perkecambahan

D.      laju penguapan tanaman pot A lebih tinggi sehingga kecambah dapat tumbuh

E.        laju penguapan tanaman pot B terlalu rendah sehingga kecambah busuk

Jawaban : B

Pembahasan :

Air merupakan salah satu faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar tumbuhan) yang dapat mempercepat proses perkecambahan dan menghentikan masa dormansi biji. Biji akan menyerap air dari lingkungan sekitarnya, baik dari tanah maupun udara. Peristiwa masuknya air tersebut dinamakan imbibisi. Proses imbibisi merupakan awal dari proses perkecambahan. Kehadiran air ke dalam sel setelah proses imbibisi akan mengaktifkan hormon pertumbuhan dan juga enzim yang akan mendukung proses pertumbuhan biji menjadi kecambah. Jumlah air yang masuk ke dalam biji harus sesuai dengan ukuran biji, karena jumlah air yang terlalu banyak dapat menyebabkan pembusukan biji. Jika biji mengalami pembusukkan maka tidak akan dapat berkembang menjadi kecambah. Jumlah air yang diberikan di pot B terlalu banyak sehingga menyebabkan biji membusuk dan tidak berkembang menjadi kecambah, sedangkan di pot A jumlah air cukup dan biji berkembang menjadi kecambah.

 

 

4.        Pertumbuhan ini disebabkan oleh kegiatan titik tumbuh yang terdapat pada ujung akar dan ujung batang dimulai sejak tumbuhan masih berupa embrio.

A.    Pertumbuhan skunder

A.    Pertumbuhan horizonta

B.     Pertumbuhan vetikal

C.     Pertumbuhan akar

D.    Pertumbuhan primer

Jawabab : E

 

5.        Dani menanam biji kacang pot A kemudian dilatakan di tempat banyak cahaya , dan satunyan di pot B diletakkan di tempat yang tidak mendapat cahaya , setela 1 minggu di amati ternyata di pot B pertumbuhannya lebi cepat dari pada di pot A yang kena sinar. Karena

A.    Auksin yang terdapat pada ujung tanaman  terkena sinar matahari akan berubah menjadi senyawa yang menghambat pertumbuhan

B.     Auksin yang terdapat pada ujung tanaman  terkena sinar matahari akan berubah menjadi senyawa yang mempercepat pertumbuhan

C.     Auksin yang terdapat pada ujung tanaman  tidak terkena sinar matahari akan berubah menjadi senyawa yang menghambat pertumbuhan

D.    Auksin yang terdapat pada ujung tanaman  tidak terkena sinar matahari akan berubah menjadi senyawa meracuni pertumbuhan

E.     Auksin yang terdapat pada ujung tanaman  tidak terkena sinar matahari akan berubah menjadi buah  pertumbuhan

Jawaban : A

 

6.        Seorang siswa kelas xii melakuka percobaan dengan menggunakan biji jagung yang ditumbuhkan pada kapas dengan perlakuan sebagai berikut: A. kapas kering, B. kapas basah, C. kapas basah ditambah 10 cc asam cuka encer. Hasil dapat segera terlihat pada perlakuan C.

Tujuan dilakukan ketiga perlakuan tersebut adalah untuk mengetahui …

A. Biji jaung dapat hidup di tempat yang kering maupun basah

B. pengaruh pH lingkungan pada pertumbuhan

C. adaptasi biji terhadap kondisi yang berbeda

D. pH lingkungan cocok bagi kacang hijau

E. media yang tepat untuk tanaman kacang hijau

 

Jawab : A

Pembahasan :

Pertumbuhan pada tanaman dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kelembapan, pH tanah, cahaya, suhu, nutrisi, dan air. pH berpengaruh terhadap metabolisme tumbuhan dan tumbuhan memerlukan pH optimum untuk mengatur kerja enzim pertumbuhan.

7.        Biji kacang hijau direndam dalam air selam 2 jam, lalu dipindahkan dalam wadah tertutup. Beberapa hari kemudian biji mengalami perkecambahan. Air pada perkecambahan tersebut berfungsi untuk …

A.  merangsang kerja auksin

B.   mengaktifkan hormon sitokinin

C.   menguraikan amilum dalam biji

D.  menyerap zat makanan dalam biji

E.   merangsang metabolisme embrio dalam biji untuk tumbuh

 

Jawab : E

Pembahasan :
Proses perkecambahan membutuhkan tiga faktor, yakni air, oksigen, dan suhu. Air berperan untuk merangsang metabolisme embrio dalam biji untuk tumbuh.

8.        Perbedaan Pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang hidup di tempat terang dan tempat gelap adalah...

A.  di tempat yang gelap tanaman tumbuh lebih cepat dan kondisinya sehat

B.   di tempat yang gelap akan tumbuh lebih cepat dan kondisinya tidak sehat

C.   di tempat yang gelap akan tumbuh lebih lambat dan kondisinya sehat

D.  di tempat yang gelap akan tumbuh lebih lambat dan kondisinya tidak sehat

E.   kecepatannya sama, tetapi di tempat gelap tidak sehat


Jawab : B

Pembahasan :

Pertumbuhan tumbuhan di tempat yang gelap akan lebih cepat dibandingkan dengan tumbuhan yang tumbuh di tempat terang. Hal ini dikarenakan faktor hormon auksin.
Hormon auksin berfungsi dalam pertumbuhan, yaitu dalam pemanjangan batang. Hormon auksin kerjanya akan terhambat jika terkena cahaya matahari karena hormon ini akan terurai. Oleh sebab itu, tumbuhan yang tumbuh di tempat gelap akan lebih cepat pertumbuhannya karena hormon auksin kerjanya tidak terhambat, namun kondisi tanaman yang tumbuh di tempat gelap tidak sehat karena tidak dapat melakukan fotosintesis dengan baik.

 

BAB METABOLISME

9.        Daging yang dibekukan di dalam lemari es tidak membusuk. Kejadian ini dapat dijelaskan sebagai ….

    A.     daging tersebut tidak mengalami metabolisme

    B.     respirasi aerobic di dalam lemari es tidak bekerja

    C.     di dalam lemari es tidak ada cahaya

    D.    pada suhu rendah enzim mikroorganisme pembusuk tidak bekerja

    E.      Oksigen tidak ada di dalam lemari es mikroorganisme pembusuk tidak bekerja


Jawaban : D

Pembahasan :

Ø  Enzim bekerja dipengaruhi lingkungan pada suhu rendah misalnya 0◦ C atau di bawahnya seperti         pada lemari es, enzim bersifat nonaktif, tetapi tidak rusak, sehingga di dalam kulkas daging tidak              membusuk. Enzim baru dapat bekerja optimal pada suhu 30◦ C.

 10.        Perhatikan gambar disamping !



Pernyataan yang benar mengenai sifat enzim berdasarkan gambar adalah …

A.       mempercepat reaksi kimia

B.       menghambat reaksi kimia

C.       kerja enzim spesifik

D.      terdiri atas protein

E.        bekerja dua arah

Jawaban : C

Pembahasan :
Permukaan enzim memiliki tempat bergabung dengan substrat yang
 disebut lokasi aktif.

Hubungan enzim dengan substrat bagaikan kunci dengan anak kunci sehingga hanya substrat khusus yang dapat bergabung karena kerja dari enzim sangatlah spesifik.



11.        Enzim termasuk senyawa organic yang tersusun atas protein, dan bertindak sebagai biokatalisator dalam metabolisme memiliki sifat ….

A.  bekerja irreversible pada suatu reaksi kimia

B.   kerja enzim tidak bersifat khusus

C.   ikut bereaksi bersama substrat yang dipengaruhinya

D.  tidak menentukan arah reaksi kimia

E.   makin tinggi konsentrasi enzim, makin lambat reaksi kimianya

Jawaban : D

Pembahasan :
Sifat yang dimiliki oleh enzim :

Ø  Sebagai biokatalisator artinya mempercepat raksi tapi tidak menentukan arah reaksi

Ø  Dapat bekerja bolak-balik

Ø  Merupakan protein yang sangat spesifik

 

12.        Kesimpulan yang dapat dikemukakan dari hasil percobaan di atas adalah ….

A.       enzim katalase bekerja optimal pada suhu 40◦ C

B.       pada jantung, kerja enzim katalase sangat dipengaruhi oleh temperature

C.       enzim katalase banyak dijumpai di hati daripada di jantung

D.      kerja enzim katalase tidak dipengaruhi oleh pH

E.        Pada hati, kerja enzim katalase tidak dipengaruhi oleh Ph dan temperature

 

Jawaban : C
Pembahasan :

Enzim ktalase lebih banyak di hati daripada di jantung, sehingga salah satu fungsi hati adalah menetralkan racun.

 

13.        Contoh enzim dan hasil kerjanya yang berperan dalam metabolisme sel adalah ….

A. maltase, pembentukan maltosa

B. katalase, menguraikan peroksida air

C. protease, pembentukan protein

D. lipase, menguraikan lemak

E. glukase, pembentukan glukosa


Jawaban : C
Pembahasan :

Ø  maltase mengubah maltosa menjadi 2 mol glokosa

Ø  protease mengubah protein menjadi dipepetida

Ø  lipase mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol

Ø  kalalase menguraikan H2O2-H2O+O2

 

 

Indikator : Peserta didik dapat mengurutkan metabolism sel

14.        Bakteri kemosintesis yang terlibat dalam persamaan reaksi

Ca(NO2)2 +  O2 → Ca(NO3)2  adalah....

A.     Nitrosomonas             

B.     Acetobacter

C.     Nitrobacter                 

D.    Nitrococcus

E.     Aztobacter

Jawaban : C

Pembahasan :

Kemosintesis adalah reaksi anabolisme yang menggunakan energy dari reaksi kimia. Kemosintesis digunakan oleh beberapa jenis bakteri, misalnya bakteri nitrit (Nitrosomonas dan Nitrococcus), bakterinitrat (Nitrobacter), bakteri belerang (ThiobacillusBeggiatoa, dan Thiothrix), serta bakteri besi (Cladothrix). Persamaan reaksi Ca (NO2)2 +  O2 → Ca(NO3)2  adalah reaksi yang mengubah nitrit (NO2-) menjadi nitrat (NO3-) dimana bakteri yang terlibat adalah bakteri nitrat yaitu Nitrobacter. Reaksi kimia tersebut akan menghasilkan energi yang akan digunakan untuk sintesis karbohidrat dari sumber karbonan organik.

 

15.        Tahap reaksi gelap dapat terjadi bila …

A.      Ada cahaya, terjadi di stroma, energi dari ATP dan NADPH dari reaksi terang

B.       Ada cahaya maupun tidak ada cahaya, terjadi di stroma, tanpa energi ATP dan NADPH

C.       Ada maupun tidak ada cahaya, energi dari ATP dan NADPH dari reaksi terang

D.      Tanpa ada cahaya, di grana energi dari ATP dan NADPH

E.       Ada cahaya bisa terjadi di stroma dengan energi NADPH

 

Jawab : C

Pembahasan :

Reaksi gelap merupakan reaksi pada proses fotosintesis yang tidak memerlukan cahaya, tetapi reaksi ini dapat terjadi pada saat ada cahaya seperti pada siang hari. Reaksi gelap terjadi di stroma dan memerlukan energi dari ATP dan NADPH2 yang berasal dari reaksi terang.

 

16.         Transpor elektron yang berlangsung di dalam mitokondria, prosesnya akan berakhir setelah elektron H+ bereaksi dengan oksigen yang berfungsi sebagai akseptor elektron berakhir dan akan membentuk …

A.       CO2

B.       H2O

C.       Asam piruvat

D.      FADH

E.        NADH

 

Jawab : B

Pembahasan :

Pada respirasi seluler yang bersifat aerob dibutuhkan oksigen sebagai akseptor elektron terakhir. Pada transpor elektron, okigen akan bereaksi dengan elektron H+ membentuk air dan selajutnya air tersebut akan dikeluarkan sebagai hasil samping proses respirasi seluler.

 

17.        Perhatikan persamaan reaski fotosintesis berikut!

6CO2 + 6H2O + --> C6H12O6 + X

X yang dihasilkan pada reaksi tersebut terbentuk pada tahap …

A.  fotolisis dari hasil penguraian H2O

B.   fotolisis dari hasil penguraian CO2

C.   fotolisis dari hasil penguraian C6H12O6

D.  berlangsung fiksasi CO2

E.   reaksi terang dari hasil gliseraldehid 3-p

Jawab : A

Pembahasan :

Pada persamaan reaksi fotosintesis di atas, X adalah oksigen. Oksigen dihasilkan dari hasil fotolisis,yakni pemecahan air menjadi H+ dan oksigen. Reaksi fotolisis terjadi pada saat reaksi terang dengan bantuan cahaya matahari.

 

18.        Pernyataan manakah di bawah ini yang benar ?

A.  Amilum harus dijadikan glukosa dahulu sebelum direspirasi aerob maupun anaerob

B.   O2 hanya diperlukan pada respirasi aerob, tetapi H2O terbentuk baik pada respirasi aerob maupun anaerob

C.   Jumlah makanan yang sama yang direspirasi aerob maupun anaerob, akan menghasilkan jumlah energi yang sama pula

D.  CO2 dan H2O terbentuk baik pada respirasi aerob maupun anaerob

E.   Respirasi anaerob hanya berlangsung pada substratnya dan respirasi aerob berlangsung pada sel

 

Jawaban : A

Pembahasan

Ø  Amilum merupakan polisakarida ( senyawa kompleks ) yang tidak bisa langsung terurai apabila dioksidasi sehingga harus dalam bentuk monosakarida ( Gkujosa , Fructosa , Galaktosa dll)

Ø  Makanan meskipun ukuran sama tidak menghasilkan kalori yang sama , misal 1 gram Lemak akan menghasilkan 9,3 kalori dibandingkan karbohidrat dan protein dalam jumlah sama ( 1 gram - 4,1 kalori) karena lemak akan dikatabolisme menghasilkan dua senyawa yaitu asam lemak dan gliserol OK

 

19.        Pada fotosintesis non siklik terjadi pemecahan molekul air yang membebaskan oksigen dan hydrogen yang diikat olh molekul akseptor. Berikut ini manakah yang merupakan akseptor hydrogen ?

A.  Flavin Adenin Dinukleotida ( FAD )

B.   Nikotiamin Adenin Dinukleotida ( NAD )

C.   Nikotiamin Adenin Dinukleotida Phospat ( NADP )

D.  Asam phospoenolpiruvat (PEP)

E.   Ribulose diphospat (RDP)


Jawaban : C

2H+ dari fotolisis H2O akan diikat oleh akseptor hydrogen NADP menjadi NADPH2.

 

BAB : MATERI GENETIK

 

20.        Berikut ini merupakan komponen asam nukleat:

(1) gula ribosa

(2) adenin

(3) gula deoksiribosa

(4) fosfat

(5) urasil

Komponen yang merupakan penyusun rangkaian DNA adalah ...

A.      (1), (2), dan (3)

B.       (1), (3), dan (5)

C.       (2), (3), dan (4)

D.      (2), (4), dan (5)

E.       (3), (4), dan (5)

 

Jawab          : C

Pembahasan :

DNA merupakan molekul yang tersusun oleh rangkaian polinukleotida. Satu nukleotida DNA tersusun atas fosfat, gula deoksiribosa, dan basa nitrogen. Basa nitrogen DNA terdiri dari purin (guanin dan adenin) dan pirimidin (sitosin dan timin).

 

21.        Setelah rantai polinukleotida DNA terbuka maka langkah berikutnya pada sintesis protein adalah ...

A. RNAd melekat pada ribosom

B. RNAd meninggalkan inti dan masuk ke sitoplasma

C. RNAt (RNA transfer) datang membawa asam amino yang sesuai

D. DNAd disintesis oleh DNA

E. Berderetnya asam-asam amino sesuai dengan triplet basa nitrogen.

Jawab          : D

Pembahasan : 

Transkripsi DNA diawali dengan membukanya rantai ganda DNA oleh RNA polimerase. Selanjutnya, RNA polimerase bergerak sepanjang ujung 5' ke 3' pada pasangan DNA 5' ke 3' untuk membentuk RNAd.

 

22.        Berikut ciri-ciri DNA dan RNA;

(1) terdiri atas pita tunggal

(2) masing-masing pita dihubungkan oleh basa nitrogen

(3) basa nitrogen berupa adenin, guanin, timin, dan sitosin

(4) disusun oleh gula deoksiribosa

(5) berada di dalam protoplasma

Struktur DNA memiliki ciri-ciri yang ditunjukkan oleh ...

A.  (1), (2), dan (3)

B.  (1), (3), dan (4)

C.  (1), (4), dan (5)

D.  (2), (3), dan (4)

E.   (2), (4), dan (5)


Jawab          : D

Pembahasan :

DNA Merupakan molekul yang berperan dalam pewarisan sifat.

Ciri-ciri DNA diantaranya yaitu terdiri dari pita ganda (double helix), masing-masing pita dihubungkan oleh basa nitrogen, basa nitrogen (adenin, guanin, timin, dan sitosin), disusun oleh gula deoksiribosa, terletak di dalam nukleus mitokondria dan kloroplas.

 

23.    Tahap pertama yang dilalui dalam proses sintesis protein yaitu ...

A. RNA membentuk RNAd

B. DNA membentuk RNAd

C. RNAd keluar inti dengan membawa kode genetik

D. DNAt mengangkut asam amino

E. RNAt melepaskan diri dari RNAd

 

Jawab          : B

Pembahasan :

Tahap proses sintesis protein diawali dengan prosesn transkripsi dan diteruskan dengan proses translasi. Lihat kembali soal dan pembahasan nomor 2.

 

24.    Di bawah ini adalah daftar kodon dengan asam aminonya!

NO

KODON

ASAM AMINO

1

GUG

Valin

2

SSA

Prolin

3

SAU

Serin

4

GSS

Alanin

5

GGA

Glutamin

 

Jika urutan basa nitrogen DNA yang akan melakukan transkripsi adalah SAS SST SGG GGT GTA, urutan asam amino yang akan dibentuk adalah ...

A.       Serin - valin - glutamin - alanin - dan prolin

B.       valin - alanin - valin - serin - dan prolin

C.       glutamin - alanin - valin - serin - dan prolin

D.      valin - glutamin - alanin - serin - dan prolin

E.        valin - glutamin - alanin - prolin - dan serin

 

Jawab          : E

Pembahasan :

Pembentukan asam amino didasarkan pada kode yang dibawa oleh mRNA. JIka DNA yang melakukan transkripsi (DNA sense) memiliki kode SAS SST SGG GGT GTA maka mRNA memiliki kode GUG GGA GSS SSA SAU.

Kode mRNA tersebut mewakili asam amino:  valin - glutamin - alanin - prolin - serin

 

PEMBELAHAN SEL

25.    Beberapa peristiwa yang terjadi pada pembelahan sel:

(1) Terjadi pada sel somatis

(2) Menghasilkan 2 sel anakan yang identik dengan induknya.

(3) Terjadi peristiwa pindah silang.

(4) Terjadi pembelahan reduksi.

(5) Terbentuk sinapsis.

Ciri pembelahan mitosis adalah ...

A.  1 dan 2

B.  1 dan 3

C.  2 dan 3

D.  3 dan 4

E.   4 dan 5 

 Jawab : A

Pembahasan :

Ciri-ciri pembelahan mitosis sebagai berikut:

(1) Terjadi satu kali pembelahan sel

(2) Menghasilkan dua sel anakan yang identik dengan induknya.

(3) Kromosom tidak membentuk sinapsis

(4) Terjadi pada sel somatis (sel tubuh).

(5) Tidak terjadi pindah silang.

(6) Tidak mengalami reduksi kromosom.

 

26.        Beberapa peristiwa yang terjadi pada pembelahan sel:

(1) terjadi pada pembentukan sel gamet.

(2) Menghasilkan 2 sel anakan yang identik dengan induknya.

(3) Terjadi peristiwa pindah silang

(4) Merupakan pembelahan langsung

(5) Hanya terjadi pada hewan multiseluler.

Pembelahan meiosis ditunjukkan oleh peristiwa ...

A.       1 dan 2

B.       1 dan 3

C.       2 dan 3

D.      2 dan 4

E.        4 dan 5

Jawab : B

Pembahasan :

Ciri-ciri pembelahan meiosis sebagai berikut:

(1) Terjadi dua kali pembelahan sel, sehingga bukan merupakan pembelahan langsung.

(2) Bertujuan untuk pembentukan gamet

(3) Menghasilkan 4 sel anakan dengan jumlah kromosom separuh dari induknya.

(4) Terjadi pindah silang pada kromosom homolog.

(5) Dapat terjadi pada sel hewan dan sel tumbuhan.

 

27.        Metafase pada mitosis dapat diamati melalui perilaku kromosom, yaitu ...

A.      Kromatid bergerak ke arah kutub yang berlawanan menjauhi bidang ekuatorial

B.       Kromosom berjajar pada bidang ekuatorial, bergantung pada serat gelendong

C.       Kromosom menjadi kembali ke bentuk semula, yakni menjadi benang kromatin

D.      Kromosom memendek, membelah membujur membentuk kromatid

E.       Setengah atau separuh dari jumlah kromosom berada di kutub masing-masing

Jawab : B
Pembahasan :
Tahap metafase pada mitosis ditandai dengan kromosom yang berjejer di bidang ekuator dan sentromernya bergantung pada benang pembelahan.

 

28        Seorang siswa mengamati sel ujung akar bawang merah yang sedang aktif membelah. Siswa menemukan sebuah sel yang kromosomnya menebal, membarn intinya tidak tampak, memiliki dua sentriol yang tampak menuju kutub yang berbeda. Keadaan ini menunjukkan bahwa sel sedang mengalami proses pembelahan yaitu pada fase ...

A.  Interfase

B.  Profase

C.  Anafase

D.  Telofase

E.   Metafase

Jawab : B

Pembahasan :

Peristiwa pada tahap pembelahan yang ditandai dengan hilangnya membran nukleus dan nukleolus, munculnya sentriol yang bergerak menuju kutub, dan menebalnya benang kromatin menjadi kromosom adalah tahap profase.

 

29.        Perbedaan oogenesis dan spermatogenesis yang benar :

 

Oogenesis

Spermatogenesis

A

Tidak ada dalamkutup

Ada dalam kutup

B

Tidak ditemukan ooti

Ditemukan spermatit

C

Dihasilkan satu sel ovum

Dihasilkan 4 sel sperma

D

Miosis satu menghasilkan sel sekunder

Mosis satu menghasilkan sel primer

E

Oogonia tidak terbatas

Spermatogonia terbatas


Jawab : C
Pembahasan :

Oogenesis

Spermatogenesis

Tempat

Ovarium

Testis

Hasil

1 ovum fungsional dan 3 badan kutub

4 sel sperma yang fungsional

Kromosom sel anak

Haploid (n)

Haploid (n)

 

30.        Sebuah sel yang diamati melalui mikroskop dan tampak seperti gambar berikut.


Proses yang terjadi dalam sel tersebut adalah ...

A.  Setiap pasangan kromosom homolog berpisah dan bergerak ke arah kutub berlawanan

B.   Kromatid memadat serta bergerak ke arah kutub berlawanan

C.   Kromosom berada pada bidang equator.

D.  Kromosom berduplikasi membujur ke arah kutub berlawanan.

E.   Kromosom berpegangan pada benang gelondong pembelahan.

 

Jawab : B

Pembahasan :

Tahap pembelahan mitosis meliputi profase-metafase-anafase-telofase (P-M-A-T). Berdasarkan gambar pada soal, benang spindel menarik kromatid ke kutub dan menyebabkan kromatid kromosom berpisah ke arah kutub yang berlawanan. Peristiwa ini terjadi pada tahap anafase.

31.        Perhatikan bagan spermatogenesis berikut!


Reduksi terjadi pada waktu perkembangan ….

A.  spermatogonium ke spermatosit primer

B.  spermatosit primer ke spermatosit sekunder

C.  spermatosit sekunder ke spermatid

D.  spermatid ke spermatozoa

E.   spermatosit primer ke spermatid

 

Pembahasan

Reduksi yang dimaksud di sini adalah pengurangan jumlah kromosom dari diploid (2n) menjadi haploid (n). Reduksi spermatogenesis terjadi pada pembelahan meiosis I. Perhatikan gambar berikut!


Jadi, reduksi terjadi pada waktu perkembangan spermatosit primer ke spermatosit sekunder (B).

 BAB: HUKUM MENDEL

32.        Suatu tanaman jambu berbatang tinggi berdaun lebar (TTLL) disilangkan dengan tanaman jambu berbatang pendek berdaun sempit (ttll). Jika F1 yang dihasilkan disilangkan dengan sesamanya, akan dihasilkan F2 dengan perbandingan fenotip....

  1. batang tinggi berdaun sempit : batang tinggi berdaun lebar = 3:1
  2. batang tinggi berdaun lebar : batang tinggi berdaun sempit : batang pendek berdaun lebar = 9:6:1
  3. batang tinggi berdaun sempit : batang tinggi berdaun lebar = 1:1
  4. batang tinggi berdaun lebar : batang tinggi berdaun sempit : batang pendek berdaun lebar : batang pendek berdaun sempit = 9:3:3:1
  5. batang tinggi berdaun lebar : batang tinggi berdaun sempit : batang pendek berdaun sempit = 12:3:1

Jawaban : D

Pembahasan    :

P1                    :      Tinggi Lebar     x      Pendek Sempit

Genotip           :          TTLL                                      ttll

Gamet              :            TL                                          tl

F1                    :    TtLl (Tinggi Lebar)   

P2                    :    Tinggi Lebar       x    Tinggi Lebar

Genotip           :         TtLl                                        TtLl

Gamet              :    TL, Tl, tL, tl                         TL, Tl, tL, tl   

F2                    :     

Rasio Fenotip yang terbentuk yaitu :

Tinggi Lebar : Tinggi Sempit : Pendek Lebar : Pendek Sempit

TTLL : TTLl : TTll: TtLL : TtLl : Ttll : ttLL : ttLl : ttll

 1        :    2    :   1   :   2      :   4    :  2    :   1    :   2   :  1

atau

9 Tinggi Lebar : 3 Tinggi Sempit: 3 Pendek Lebar : 1 Pendek Sempit

 

33.        Di suatu kota yang berpenduduk 100.000 jiwa, dengan komposisi laki-laki dan perempuan sama, terdapat 5% penduduk laki-laki menderita buta warna. Penduduk kota tersebut yang bersifat normal, tetapi membawa gen buta warna diperkirakan berjumlah. . .

A.  2.500 orang                                                              

B.  5.000 orang

C.  4.750 orang                                                             

D.  9.500 orang

E.   45.125 orang

 Jawaban : C

Pembahasan :

Diketahui :

Ø  jumlah penduduk = 100.000 orang       

Ø  komposisi laki-laki dan perempuan = 50.000 jiwa

Ø  laki-laki buta warna = 5% =XᵇY

Maka :
– XᵇY = 5%       menunjukkan frekuensi gen Xᵇ

-berdasarkan hokum Hardy-Weinberg : Xᴮ + Xᵇ = 1, maka Xᴮ = 95%.

-ditanyakan penduduk yang normal, tetapi membawa gen buta warna, maka yang dimaksud adlah perempuan normal karier (XᴮXᵇ) karena pada laki-laki tidak ada normal karier, hanya ada laki-laki normal (XᴮY) atau laki-laki buta warna (XᵇY).

hal ini disebabkan oleh gen penyebab buta warna terpaut pada kromosom X.

-Jadi, XᴮXᵇ = 2 (95%) (5%) x 50.000 jiwa = 2

(0,95) (0,05) x 50.000 jiwa = 4.750 jiwa.

34.        Pada penyilangan bunga Mawar merah (Aabb) dengan bunga Mawar putih (aaBB) menghasilkan bunga ungu (AaBb). Apabila F1 disilangkan dengan bungan merah (Aabb), berapakah rasio fenotip F2nya antara ungu : putih : merah?

A.  6 : 2 : 8                    

B.  3 : 2 :3                     

C.  9 : 3 : 4

D.  9 : 4 : 3

E.   12 : 3 : 1

Jawaban : B

Pembahasan :
Dari soal diketahui bahwa :

P1     =             Aabb(merah)     x          aaBB(putih)

G      =             Ab                                          aB

F1     =             AaBb (ungu)

P2     =             AbBb(ungu)       x          Aabb(merah)

G      =             AB,Ab,aB,ab                       Ab,ab

Gamet

AB

Ab

aB

Ab

Ab

AABb
(ungu)

AAbb
(merah)

AaBb
(ungu)

Aabb
(merah)

ab

AaBb
(ungu)

Aabb (merah)

aaBb
(putih)

aabb
(putih)

F2     =             ungu =  3   :               putih   =2               :   merah = 3

 

POLA HERIDITAS

35.        Perhatikan silsilah keluarga berikut!


Berdasarkan bagan tersebut, genotip individu (1) dan (2) adalah ….

A.    XX dan XbwY

B.     XX dan XY

C.     XXbw dan XbwY

D.    XXbw dan XY

E.     XbwXbw dan XbwY

 

Jawaban : B

Pembahasan

Susunan genotip buta warna terpaut oleh kromosom X.

XX

:

wanita normal

XbwX

:

wanita carrier

XbwXbw

:

wanita buta warna

XY

:

laki-laki normal

XbwY

:

laki-laki buta warna

Pada bagan di atas, individu (1) mempunyai 3 anak dalam kondisi normal semua sehingga besar kemungkinan individu (2) adalah wanita normal (XX). Sedangkan individu (2) sudah pasti laki-laki normal (XY).
Jadi, genotip individu (1) dan (2) adalah XX dan XY (B).

 

36.        Apabila terjadi perkawinan antara parental bergolongan darah A heterozigot dengan B heterozigot, maka kemungkinan golongan darah anak-anaknya adalah . . . .

A.       A, B, AB dan O

B.       A dan B

C.       A dan AB

D.      AB dan O

E.        B dan AB

 

Jawaban : A

Pembahasan :

P 1 = I O I A > < I O I B

F 1 = I O I O , I O I A, I O I B , I A I B
Maka kemungkinan golongan darah anak- anaknya adalah A, B, AB, dan O.

37.        Perhatikan peta silsilah golongan darah berikut!

 



Individu X memiliki golongan darah ….

A.      A heterozigot

B.       B homozigot

C.       AB

D.      O

E.       B heterozigot

 

Pembahasan

Perhatikan peta silsilah pada generasi kedua dan ketiga di atas!
Perkawinan antara laki-laki bergolongan darah A dengan perempuan bergolongan dari X membuahkan 4 anak yang keempatnya mempunyai golongan darah yang berbeda. Dapat dipastikan bahwa laki-laki tersebut bergolongan darah A heterozigot sedang perempuannya bergolongan darah B heterozigot.

Perhatikan tabel persilangan berikut ini!
IA IO     ×          IB IO

×

IA

IO

IB

IA IB
(golongan darah AB)

IB IO
(golongan darah B)

IO

IA IO
(golongan darah A)

IO IO
(golongan darah O)

 

 

 

Jadi, individu X memiliki golongan darah B heterozigot (E).

 

38.        Gen untuk gigi coklat dominan terhadap gigi putih dan terpaut pada X. Seorang laki-laki bergigi coklat menikah dengan wanita bergigi putih normal. Kemungkinan fenotip keturunannya adalah

A.       semua anak bergigi coklat

B.       semua anak bergigi normal

C.       sebagian anak perempuan bergigi normal

D.      sebagian anak laki-laki bergigi normal

E.        semua anak perempuan bergigi coklat

Jawabab : B

Pembahasan

Dari keterangan pada soal diperoleh:

            XcXc      : wanita bergigi putih normal

XCXc     : wanita bergigi coklat

XCXC    : wanita bergigi coklat

XcY       : laki-laki bergigi putih normal

XcY       : laki-laki bergigi coklat

Keterangan:
XcX tidak disebut wanita karier gigi coklat karena gigi coklat dominan terhadap gigi putih.
Perhatikan tabel persilangan antara laki-laki bergigi coklat menikah dengan wanita bergigi putih normal berikut ini!
XCY         ×         Xc Xc

X

XC

Y

Xc

XCXc
(wanita gigi coklat)

XcY
(laki-laki gigi putih)

Jadi sesuai dengan opsi yang ada, kemungkinan fenotip keturunannya adalah semua anak perempuan bergigi coklat (B).

 

39.        Orang yang tuli biasanya juga bisu. Hal ini dikarenakan sifat bisu tuli dikendalikan oleh gen D dan E secara bersamaan. Apabila salah satu gen tersebut tidak muncul, akan muncul sifat bisu tuli.
Seorang lelaki bisu tuli (Ddee) menikah dengan seorang wanita normal (DdEE) maka persentase fenotip kemungkinan anak-anak mereka bisu tuli adalah ….

A.      12,5 %

B.    25 %

C.    37,5 %

D.       62,5 %

E.       100 %

Jawaban : B

Pembahasan

Perhatikan bagan persilangan antara laki-laki bisu tuli dengan wanita normal berikut ini!

            P :        Ddee               X         DdEE

                        (bisu tuli)                     (Normal)

            Gamet : De, de                        DE,  dE

Genotip F1 yang dihasilkan adalah:

X

De

de

DE

DDEe

DdEe

dE

DdEe

ddEe

Sedangkan fenotip F1 yang dihasilkan adalah:

1.    DDEe : normal

2.    DdEe  : normal

3.    ddee    : Bisu tuli

Dengan demikian persentase fenotip kemungkinan anak-anak mereka bisu tuli adalah:
1/4 × 100% = 25%
Jadi, persentase fenotip kemungkinan anak-anak mereka bisu tuli adalah 25% (B).

 

BAB MUTASI 

40.        Jika duplikasi kromosom X pada anak laki-laki menghasilkan XXY yang muncul sekali dalam 200 kelahiran hidup. Orang dengan kelainan ini menderita sindrom ...

A.      Klinefelter

B.       Patau

C.       Down

D.      Edwards

E.       Turner 

 

Jawab : A

Pembahasan :

Berdasarkan letaknya, mutasi pada manusia dibedakan menjadi mutasi somatik (mutasi pada sel kromosom tubuh) dan mutasi germinal (mutasi pada sel kromosom kelamin). Duplikasi kromosom X pada anak laki-laki menghasilkan XXY yang muncul sekali dalam 200 kelahiran hidup. Orang dengan kelainan ini menderita sindrom Klinefelter.
(1) Sindrom Patau
Kelainan ini disebabkan karena adanya trisomi pada autosom nomor 13 sehingga penderita mempunyai rumus kromosom 22AA + XX + 13 atau 22AA + XY + 13.
(2) Sindrom Down
Kelainan yang disebabkan karena adanya trisomi pada autosom nomor 21 sehingga penderita memiliki rumus kromosom 22AA+XX+21 atau 22AA+XY+21.
(3) Sindrom Edward
Kelainan ini disebabkan karena adanya trisomi pada autosom nomor 18 sehingga penderitanya memiliki rumus kromosom 22AA+XX+18 atau 22AA+XY+18.
(4) Sindrom Turner
Kelainan ini disebabkan karena adanya mutasi pada gonosom sehingga rumus kromosom penderitanya adalah 22AA+X0.

 

 

41.        Jika terdapat pengurangan jumlah kromosom menjadi 45 (44A+X0), penderitanya akan mengalami

A.       sindrom Down

B.       sindrom Patau

C.       sindrom Klinefelter

D.      sindrom Turner

E.        sindrom Edwards 

 

Jawab : D

Pembahasan :

Mutasi kromosom dapat berupa penambahan maupun pengurangan jumlah kromosom. Jika terdapat pengurangan jumlah kromosom menjadi 45 (44A+X0), penderitanya akan mengalami sindrom Turner.

 

42.        Perubahan pada makhluk hidup yang terjadi karena peristiwa trisomi pada kromosom nomor 21 sehingga susunan kromosomnya menjadi 45A+XY atau 45A+XX adalah ...

A.      sindrom Down

B.       sindrom Turner

C.       sindrom phildelphia

D.      penyakit blue baby

E.       sindrom Klinefelter 


Jawab : A

Pembahasan :

Peristiwa trisomi merupakan peristiwa penambahan attau kromosom. Pada peristiwa trisomi kromosom 21 menyebabkan perubahan kromosom menjadi 45A+XY atau 45A+XX, peristiwa ini menyebabkan sindrom Down.

 

43.        Bagan berikut menunjukkan tipe kromosom I menjadi II.
 



Peristiwa yang menyebabkan perubahan kromosom tersebut adalah ...

A. delesi

B. aberasi

C. inversi

D. translokasi

E. katenasi 

 

Jawab : A

Pembahasan :

Delesi merupakan peristiwa hilangnya sebagian gen pada kromosom karena patah. Pada kromosom di atas, kromosom ABCKLM mengalami delesi dengan kehilangan gen M sehingga terbentuk kromosom ABCKL.

 

44.        Kandungan di dalam suatu produk makanan kaleng terdiri atas daging sapi, terigu, protein, garam, gula, bumbu, MSG, tokoferol, glycikol, dan natrium nitrit. Dari zat-zat tersebut yang berpotensi sebagai mutagen yaitu ...

A. protein, garam, dan terigu

B. garam, gulam bumbu

C. MSG, tokoferol, dan bumbu

D. MSG, garam, dan bumbu

E. MSG, glycikol, dan natrium 


Jawab : E

Pembahasan :

Mutagen atau zat yang dapat menyebabkan mutasi dapat berasal dari alam atau zat kimia. Mutagen kimia dapat dijumpai pada makanan. Suatu makanan kaleng memiliki kandungan yang terdiri atas daging sapi, terigu, protein, garam, gula, bumbu, MSG, tokoferol, glycikol, dan natrium nitrit. Dari senyawa-senyawa yang terkandung dalam makanan kaleng yang berpotensi sebagai mutagen adalah MSG, glycikol, dan natrium nitrit.

 

TOPIK : BIOTEKNOLOGI 

45.         Sejak dahulu masyarakat telah memanfaatkan prinsip-prinsip bioteknologi dalam meningkatkan nilai tambah. Berikut ini yang termasuk penerapan prinsip bioteknologi konvensional adalah ...

A.   Susu

B.   Keju

C.   Tahu

D.   Agar-agar

E.   Saus tomat

 

Jawab             : B

Pembahasan :

Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi sederhana yang memanfaatkan mikroorganisme. Misalnya pemanfaatan Lactobacillus bulgaricus dalam pembuatan keju.

 

46.        Produk makanan berikut yang dihasilkan dari proses bioteknologi konvensional adalah ….
A. mentega, roti, dan agar – agar
B. agar – agar, tapai, dan asam cuka
C. minyak goreng, susu kedelai, dan sirup
D. kecap, keju, dan yogurt
E. sirup, tape ketan, dan tempe

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Bioteknologi konvensional adalah bioteknologi yang menggunakan/memanfaatkan mikroorganisme sebagai alat untuk menghasilkan produk dan jasa.

Perhatikan mikroorganisme yang digunakan pada beberapa pembuatan bahan makanan berikut.

Ø  Mentega menggunakan bakteri streptococcus lactis

Ø  Roti menggunakan jamur Saccharomyces sp

Ø  Pembuatan agar-agar tidak menggunakan agen biologi

Ø  Tapai menggunakan jamur Rhizopus oryzae

Ø  Asam cuka menggunkan Acetobacter

Ø  Pembuatan minyak goreng tidak menggunakan agen biologi

Ø  Susu kedelai tidak menggunakan agen biologi

Ø  Kecap menggunakan bakteri Aspergillus wentii

Ø  Keju menggunakan bakteri Lactobacillus lactis, Lactobacillus bulgaricus

Ø  Yogurt menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus, Strepcoccus thermophilus

Ø  Tape ketan menggunakan Chlamidomucor sp.

Ø  Tempe menggunakan Aspergillus oryzae

Jadi, produk makanan berikut yang dihasilkan dari proses bioteknologi konvensional adalah kecap, keju, dan yogurt.

 

47.        Salah satu dampak bioteknologi dalam bidang kesehatan yaitu....

  1. timbul ketergantungan pada hasil pangan bioteknologi
  2. adanya kontroversi pada masyarakat akibat adanya penyisipan gen terutama dari hewan yang diharamkan
  3. muncul masalah pada sebagian orang seperti alergi akibat adanya penyisipan gen pada makanan
  4. tersingkirnya tanaman varietas lokal yang tidak unggul
  5. munculnya patogen super yang kebal terhadap antibiotik akibat adanya pertukaran genetik

Jawaban : C

Pembahasan : Bioteknologi, selain banyak manfaat yang dihasilkan, juga terdapat dampak yang merugikan. Misalnya di bidang kesehatan dan pangan. Contoh dampak bioteknologi di bidang kesehatan yaitu :

Ø  adanya penyisipan gen asing pada tanaman komoditas, seperti kedelai atau jagung, bisa memunculkan protein yang bersifat alergen atau penyebab alergi pada sebagian orang.

Ø  hewan ternak yang mengkonsumsi tanaman yang tersentuh bioteknologi dapat menjadi mandul.

Ø  bioteknologi dapat mencemari lingkungan berupa radikal bebas dimana jika dikonsumsi manusia akan menyebabkan melemahnya sistem imunitas dan menyebabkan alergi.

 

48.        Topik :  Bioteknologi

Tahap-tahap kloning gen insulin dari manusia adalah sebagai berikut:

  1. Isolasi gen insulin dari manusia.
  2. Penyisipan DNA donor ke dalan vektor plasmid.
  3. Pemotongan DNA menggunakan enzim restriksi endonuklease.
  4. Transformasi DNA ke dalam sel bakteri.
  5. Deteksi gen insulin apakah mampu di ekspresikan oleh bakteri.

Urutan pekerjaan yang harus dilakukan adalah....

  1. 1) – 2) – 3) – 4) – 5)
  2. 1) – 3) – 2) – 4) – 5)
  3. 1) – 5) – 3) – 4) – 2)
  4. 5) – 4) – 3) – 2) – 1)
  5. 4) – 5) – 1) – 2) – 3)

Jawaban : B

Pembahasan : Kloning gen atau teknik DNA rekombinan merupakan teknik rekayasa genetik yang digunakan untuk menyisipkan gen dari suatu organisme ke dalam gen organisme lain, sehingga organisme tersebut membawa sifat-sifat tertentu dari gen yang disisipkan. Contoh penggunaan teknik ini adalah produksi insulin manusia dengan menggunakan sel bakteri. Tahap-tahap kloning gen insulin tersebut meliputi:

  1. Donor DNA insulin (manusia) dipotong oleh enzim restriksi endonuklease.
  2. Plasmid dari sel bakteri diekstraksi dan dipotong oleh enzim restriksi endonuklease.
  3. DNA insulin dari manusia dengan DNA plasmid digabungkan.
  4. DNA yang telah bergabung dengan plasmid dikembalikkan ke dalam sel bakteri (transformasi).
  5. Mendeteksi gen insulin yang telah dikloning, apakah mampu diekspresikan oleh bakteri atau tidak; tahap selanjutnya adalah peningkatan ekspresi gen terkloning dan produksi insulin dalam jumlah yang banyak.

 

49.        Kekhawatiran banyak kalangan, terutama ahli biologi terhadap keberhasilan rekayasa genetika menghasilkan tumbuhan unggul dan pengembangan hasilnya terus-menerus telah meningkatkan adalah ….

        A.    memberikan keunggulan yang sesaat pada manusia

        B.     sifat unggul tidak dapat dipertahankan

        C.     sifat unggul memiliki toleransi yang tinggi terhadap lingkungan

        D.    gen-gen unggul plasma nutfah menjadi inaktif 

        E.     menurunkan populasi plasma nutfah

 

Pembahasan

Tanaman unggul mempunyai daya tarik yang sangat besar sehingga para petani hanya cenderung membudidayakan tanaman tersebut. Akibatnya

Ø  mengganggu keseimbangan ekosistem

Ø  erosi plasma nutfah

Ø  pergeseran gen

Ø  pergeseran ekologi

Jadi, kekhawatiran terhadap rekayasa genetika dapat menurunkan populasi plasma nutfah karena  menghasilkan tanaman unggul (E).

 

50.        Bioteknologi tidak selalu aman bagi lingkungan. Tanaman hasil rekayasa genetik (transgenik) juga dikhawatirkan menimbulkan ancaman terhadap lingkungan karena ….

A.      membutuhkan banyak pestisida untuk membunuh hama

B.       menyebabkan pencemaran gen bila menyerbuki tanaman sejenis

C.       tanah menjadi tandus akibat pemakaian produk kimia

D.      meningkatkan jumlah bakteri dan jamur pembusuk

E.       dapat menimbulkan wabah penyakit baru yang sulit diobati

Jawaban :B

Pembahasan

Tanaman transgenik berdampak terhadap lingkungan antara lain:

Ø  erosi plasma nutfah

Ø  mengganggu keseimbangan ekosistem

Ø  pergeseran ekologi

Ø  pergeseran gen

Sesuai dengan opsi yang ada, poin yang sesuai adalah pergeseran gen.
Gen tanaman transgenik dapat berpindah ke tumbuhan lain melalui perkawinan silang. Keadaan ini dikhawatirkan dan mencemari bahkan meracuni gen sehingga muncul varietas baru yang mengganggu dan sulit diberantas.
Jadi, tanaman transgenik dikhawatirkan akan menimbulkan ancaman terhadap lingkungan karena menyebabkan pencemaran gen bila menyerbuki tanaman sejenis

 .      

 

BAB    : EVLOSI

 

51.        Beberapa ahli melakukan percobaan untuk membuktikan teori asal usul kehidupan:

(1) Antoni van Leuwenhoek dengan penemuan mikroskop untuk mengamati mikroorganisme dalam air rendaman jerami.

(2) Spallanzani membuktikan bahwa mikroorganisme dalam air kaldu tidak akan terjadi dengan sendirinya.

(3) Francessco Redi membuktikan bahwa ulat tidak muncul dari daging yang membusuk, tetapi dari telur lalat.

(4) Louis Pasteur membuktikan bahwa mikroorganisme pada air kaldu berasal dari mikroorganisme yang ada di udara.

(5) Stanley Miller membuktikan bahwa senyawa organik dapat terbentuk dari CH4, NH3, H2O, dan H2 yang berada di luar tubuh organisme.

Kesimpulan percobaan yang berlawanan dengan teori abiogenesis adalah ...

A.      1 dan 2

B.       1 dan 4

C.       2 dan 3

D.      3 dan 5

E.       4 dan 5

 

Jawab : C

Pembahasan :

Teori abiogenesis yaitu teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati. Lawan dari teori abiogenesis adalah teori biogenesis, yaitu teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya. Tokoh pendukung teori biogenesis adalah Lazaro Spallanzani, Francessco Redi, dan Louis Pasteur. Sedangkan teori abiogenesis didukung oleh Antoni van Leuwenhoek. Stanley Miller adalah tokoh pendukung teori evolusi kimia.

52.        Kucing menjadi hewan piaraan di rumah mulanya berasal dari kucing liar yang hhidup di hutan. Kedua kucing tersebut telah menjadi spesies yang berbeda. Faktor yang menyebabkan terbentuknya spesies yang berbeda adalah ...

A.      Domestivikasi

B.       Seleksi alam

C.       Adaptasi lingkungan

D.      Hibridisasi dan seleksi

E.       Rekombinasi gen

 

Jawab : A

Pembahasan :

Terbentuknya spesies baru disebabkan karena adanya isolasi, mutasi yang menyebabkan poliploidi,dan domestivikasi. Domestivikasi adalah menjadikan hewan liar menjadi hewan peliharaan, seperti menjadikan kucing liar menjadi kucing piaraan.

 

53.         Faktor berikut yang merupakan pendorong terjadinya evolusi adalah ...

A.      homologi antara organ-organ pada makhluk hidup

B.       embriologi perbandingan dalam perkembangan makhluk hidup

C.       pengaruh alam yang mengadakan seleksi terhadap makhluk hidup

D.      persamaan sifat individu-individu dalam satu keturunan

E.       fosil yang diketemukan di berbagai lapisan batuan bumi

Jawab : C

Pembahasan :

Terjadinya evolusi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya perkawinan tak acak, migrasi, hanyutan genetik, seleksi alam, mutasi, rekombinasi dan seleksi

 

54.        Dua makhluk hidup mempunyai asal usul berbeda dan berkerabat jauh dalam perkembangannya akan mempunyai organ-organ yang memiliki fungsi serupa. Peristiwa ini disebut konvergensi. Faktor penyebab terjadinya peristiwa tersebut adalah ...

A.       perkawinan silang antarmakhluk hidup

B.       persaingan yang ketat

C.       jenis makanannya berbeda

D.      berada dalam tempat yang sama

E.        organ-organ yang bersifat homolog

 

Jawab : E

Pembahasan :

Evolusi konvergensi adalah evolusi yang terjadi pada makhluk hidup yang memiliki nenek moyang yang sama. Berbagai makhluk hidup yang kelihatannya sangat berbeda ternyata masih menunjukkan unsur persamaan. Pada beberapa makhluk hidup yang berkerabat jauh dalam perkembangannya akan mempunyai organ-organ yang memiliki fungsi serupa. Organ-organ tersebut disebut bersifat homolog dan berasal bentuk asal yang sama.

 

55.         Berikut ini organ-organ tubuh berbagai jenis makhluk hidup:

(1) Tangan manusia

(2) Kaki depan anjing

(3) Sayap burung

(4) Sayap kupu-kupu

(5) Sayap kelelawar

Homologi adalah salah satu petunjuk adanya evolusi di muka bumi. Dari organ-organ di atas yang menunjukkan adanya proses homologi yaitu ...

A.      1, 2, dan 3

B.       1, 3, dan 4

C.       1, 3, dan 5

D.      2, 3, dan 5

E.       3, 4, dan 5

 

Jawab : A

Pembahasan :

Homologi adalah organ-organ dari makhluk hidup yang memiliki bentuk asal sama, dan selanjutnya berubah struktur sehingga fungsinya berbeda. Contoh organ homolog, antara lain: tangan manusia, kaki depan anjing, sayap burung.

 

56.        Pernyataan yang sesuai dengan teori evolusi biologi tentang asal usul kehidupan pertama kali adalah ...

A. organisme pertama terbentuk di atmosfer bumi sebagai hasil dari reaksi petir

B. sel primordial yang memiliki sifat heterotrof terbentuk pertama kali di lautan

C. organisme terbentuk sebagai hasil reaksi unsur C, H, O, serta N.

D. organisme pertama di lautan yakni sebagai timbunan organik yang belum teruji

E. sup purba sebagai kumpulan senyawa homogeni pertama kali terbentuk di lautan

 

Jawab :

Pembahasan :

Teori evolusi biologi merupakan teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup pertama berasal dari evolusi molekul organik yang berkembang menjadi struktur yang mengandung kehidupan (sel). Makromolekul seperti asam amino terkonsentrasi menjadi cekungan yang dimulai di pantai (dekat lautan).

 

57.        Pernyataan di bawah ini menyebabkan perubahan leher jerapah.

(1) Jerapah berleher panjang yaitu berasal dari induk jerapah berleher pendek.

(2) Pada masa lampau terdapat jerapah dengan leher panjang maupun berleher pendek

(3) Memanjangnya leher jerapah karena pengaruh lingkungan

(4) Jerapah berleher pendek mati, tetapi berleher panjang tetap lestari/hidup.

Menurut teori evolusi Darwin yang ada hubungannya dengan evolusi jerapah yaitu...

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (4)

C. (2) dan (3)

D. (2) dan (4)

E. (3) dan (5)

 

Jawab : D

Pembahasan :

Teori evolusi yang dikemukakan oleh Darwin menjelaskan bahwa asal mula spesies yang tidak diciptakan secara mendadak dan berwujud sama selama hidup di bumi. Contohnya adalah pada jerapah. Pada masa lampau nenek moyang jerapah ada yang berleher pendek dan ada pula yang berleher panjang. Jerapah berleher pendek makin lama tidak mampu menjangkau makanan pada pepohonan yang tinggi dan akhirnya mati. Sementara itu, jerapah berleher panjang mampu menjangkau makanan dan dapat hidup sampai sekarang.

 

58.        Teori evolusi Darwin menyatakan:

Alam akan mengadakan seleksi terhadap makhluk yang ada di dalamnya, hanya makhluk hidup yang mampu beradaptasi dengan lingkungan yang dapat bertahan hidup.”

Fenomena evolusi yang sesuai dengan pendapat Darwin tersebut adalah ….

A.      populasi kupu-kupu Biston bitularia sayap gelap lebih banyak dibandingkan kupu-kupu Biston bitularia sayap cerah setelah revolusi industri

B.       populasi jerapah leher panjang lebih banyak setelah populasi pohon berbatang pendek sebagai penyedia makanannya berkurang

C.       usus buntu pada manusia mengalami penyusutan dan mengecil karena manusia menjadi pemakan segala (omnivora)

D.      populasi ular semakin menurun ketika berada di lingkungan yang terdapat banyak predatornya

E.       populasi tikus berekor pendek menurun seiring menurunnya jumlah makanan yang tersedia di lingkungannya

 

Pembahasan

Keberadaan kupu-kupu Biston bitularia sekarang sudah punah. Hal ini disebabkan karena pada saat terjadi revolusi industri di Inggris, semua batang tempat hinggap kupu-kupu Biston bitularia dipenuhi asap dan jelaga.
Akibatnya, Biston bitularia bersayap cerah tidak mempunyai tempat hinggap yang aman. Hinggap di mana saja diketahui oleh pemangsanya. Hal ini karena warna sayap dan warna tempat hinggapnya sangat kontras.
Hingga akhirnya kupu-kupu Biston bitularia bersayap cerah punah karena terseleksi alam.
Jadi, fenomena evolusi yang sesuai dengan pendapat Darwin tersebut adalah tentang kupu-kupu Biston bitularia (A).

59.        Perhatikan pernyataan tentang teori evolusi berikut!

1)   Memanjangnya leher jerapah karena pengaruh lingkungan

2)   Jerapah berleher panjang berasal dari jerapah berleher pendek

3)   Nenek moyang jerapah berleher panjang dan berleher pendek.

4)   Jerapah berleher pendek mati kelaparan, sedangkan jerapah berleher panjang tetap hidup

Adaptasi menurut Lamarck ditunjukkan oleh nomor ….

A.  1 dan 2

B.  1 dan 3

C.  2 dan 3

D.  3 dan 4

E.   4 dan 5

Pembahasan

Dua teori evolusi yang berseberangan adalah Teori Evolusi Lamarck dan Teori Evolusi Darwin.

Ø Lamarck mengatakan bahwa makhluk hidup sekarang adalah makhluk hidup zaman dahulu yang dapat beradaptasi terhadap lingkungan.      

Ø Sedangkan Darwin mengatakan bahwa makhluk sekarang adalah makhluk hidup yang lolos seleksi alam dari makhluk hidup yang dulunya bervariasi.
Mari kita perhatikan empat pernyataan di atas!

1)      Memanjangnya leher jerapah karena pengaruh lingkungan. [adaptasi Lamarck]

2)      Jerapah berleher panjang berasal dari jerapah berleher pendek. [adaptasi Lamarck]

3)      Nenek moyang jerapah berleher panjang dan berleher pendek. [seleksi alam Darwin]

4)      Jerapah berleher pendek mati kelaparan, sedangkan jerapah berleher panjang tetap hidup. [seleksi alam Darwin]

Jadi, adaptasi menurut Lamarck ditunjukkan oleh nomor 1 dan 2 (A). 

 

60.    Adanya variasi individu merupakan fakta langsung terjadinya evolusi. Penjelasan yang tepat tentang hubungan variasi individu dengan evolusi adalah ….

A.       dapat dilacak hubungan filogenetik berdasarkan kesamaan ciri

B.       sifat yang berbeda akan diturunkan pada generasi berikutnya

C.       perbedaan individu menunjukkan terjadinya evolusi

D.      perbedaan ciri makhluk hidup menunjukkan ikatan kekerabatan

E.        variasi individu terjadi karena persilangan secara alami

 

Pembahasan

Antar-individu dalam satu spesies terdapat variasi. Hal ini terjadi karena pengaruh berbagai faktor, seperti suhu, tanah, dan makanan. Seleksi terhadap jenis hewan dan tumbuhan selama bertahun-tahun menghasilkan varian yang jauh berbeda dengan nenek moyangnya.
Dengan demikian, adanya variasi dalam satu keturunan (bukan persilangan) akan diturunkan pada generasi berikutnya yang akan menuju terbentuknya spesies-spesies baru.
Jadi, hubungan variasi individu dengan evolusi adalah opsi (B).

 

SELAMAT BELAJAR

SEMOGA BERMANFAAT

&&&&&&&&&&@@@@@@@@@#######@@@@@@@&&&&&&&&&&&

 



0 comments:

Posting Komentar